top of page

Cara Mengurus Mandiri Visa Korea Selatan 2020

Diperbarui: 14 Apr 2020

Bagi sebagian orang, mengurus visa Korea Selatan sendiri adalah hal yang sulit. Namun setelah membaca tulisan ini, mungkin Anda tidak akan berpikiran seperti itu lagi.


Berkunjung ke Korea tentu menjadi impian bagi sebagian orang. Tak heran jika setiap tahun banyak turis yang berkunjung kesana untuk melihat dan menikmati wisata di sana. Termasuk mungkin Anda yang juga ingin kesana.


Namun, untuk pergi ke sana, Anda harus memiliki paspor dan mengurus visa Korea Selatan terlebih dahulu. Banyak perubahan yang terjadi tentang cara mengurus visa Korea Selatan, tapi tenang saja, IdflytoKorea telah merangkum cara terbaru dan terlengkap mengurus visa Korea 2020!


Perubahan Tempat Pembuatan Visa


Pembuatan visa biasanya dilakukan di kedutaan negara tersebut, begitupula Korea Selatan. Sebelumnya permohonan pembuatan visa dilakukan di sana dengan fasilitas 5 loket yang tentunya membuat para pemohon harus mengantre panjang ataupun menunggu kloter berikutnya dalam melakukan permohonan. Untungnya, kini sudah tidak perlu seperti itu lagi. Sejak 2 Mei 2019, permohonan pembuatan visa dilakukan di Korea Visa Application Center (KVAC) yang berada di Lantai 5 Lotte Shopping Avenue, Ciputra World Kuningan, Jakarta Selatan. Jadi, jangan sampai salah tempat lagi ya untuk membuat visa Korea.


Pilihan Jenis Visa Korea Selatan dan Biayanya


Rencananya Anda mau ke Korea berapa lama dan untuk apa? Sebelum mengurus visa Koreamu, tentukan terlebih dahulu ya jenis visa yang Anda butuhkan, karena setiap jenis visa berbeda biayanya. Berikut rinciannya:


  1. Single Visa (untuk perjalanan kurang dari 90 hari) = Rp. 764.000

  2. Single Visa (lebih dari 91 hari) = Rp. 1.048.000

  3. Double Visa (2 kunjungan dalam 6 bulan dengan masa tinggal 30 hari) = Rp. 1.190.000

  4. Multiple Visa (5/10 tahun bebas kunjungan ke Korea) = Rp. 1.474.000

Harga yang tercantum di atas adalah harga terbaru per Januari 2020 yang sudah ditambahkan dengan biaya admin KCAV sebesar Rp. 196.000 untuk setiap jenis visa. Jika ingin informasi lebih lanjut mengenai biaya pembuatan visa, silakan mengunjungi situs ini.

Berkas Pengurusan Visa Korea Terbaru


Berikut adalah daftar berkas yang harus Anda siapkan sebelum memasukkan pengajuan ke KVAC. Perhatikan dengan baik setiap berkas dan lengkapilah agar proses visa Anda lancar dan diterima. Berikut akan dibahas satu persatu berkas yang harus disiapkan.

1) Unduh formulir aplikasi visa yang ada di situs Korea Visa Application Center. Isilah formulir sesuai contoh yang dituliskan dengan benar dan lengkap.


2) Siapkan 2 lembar pas foto berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3.5 x 4.5 cm. Tempelkan satu lembar pada kolom foto yang ada di formulir.


3) Paspor Asli (masa berlaku min. 6 bulan), Fotokopi Identitas Paspor, STAMP dan VISA negara Korea/ OECD yang pernah dikunjungi. Paspor lama jika ada silahkan dilampirkan dan difotokopi.


4) Surat Keterangan Kerja atau Surat Keterangan Mahasiswa (Asli)

  • Pelajar/Mahasiswa: Fotokopi Kartu Pelajar, Surat Keterangan Mahasiswa/pelajar dalam bahasa Inggris

  • Karyawan: Surat Keterangan Kerja dalam bahasa Inggris (tanggal, masa kerja, jabatan, alamat dan no telp perusahaan, ttd dan cap basah perusahaan)

  • Wiraswasta: Fotokopi SIUP

  • Freelancer/Housewife/ Fresh graduate: statement letter yg menjelaskan kegiatan saat ini dan fotokopi ijazah terakhir (Fresh Graduate)

5) Fotokopi Kartu Keluarga, Fotokopi KTP

6) Dokumen Keuangan (dilampirkan minimal 2)

  • Rekening Koran (3 BULAN TERAKHIR asli dari bank).

  • Daftar transaksi penggunaan kartu kredit 3 bln terakhir.

  • Bukti Potong Laporan Pembayaran Pajak (SPT) form 1721-A1 pph 21.

  • Slip Gaji (3 Bulan Terakhir)

  • Fotokopi surat Kepemilikan Kendaraan (Mobil)

  • Fotokopi akta/sertifikat pendirian rumah


Catatan:

*Untuk pengajuan multiple visa, dokumen keuangan tidak diwajibkan. Namun, jika melampirkan akan lebih baik.

**Dokumen tersebut diatas merupakan dokumen persyaratan standar, apabila terdapat dokumen tambahan lainnya yg diminta oleh officer loket, kami akan meminta tambahan dokumen yg diperlukan kepada pemohon.

***Semua dokumen disusun sesuai urutan dan di staples dengan rapi

Langkah dalam Pengajuan Visa

Setelah semua berkas disiapkan dan Anda sudah mengetahui segala prosedurnya, maka langkah selanjutnya dalam pengajuan visa Korea adalah datang ke KVAC yang buka dari pukul 09.00 - 15.00. Serahkan formulir dan berkas lainnya ke loket yang tersedia sesuai antrian, lalu lakukanlah pembayaran. Pembayaran di sini hanya bisa dengan uang tunai, sehingga siapkan sejumlah uang yang sesuai dengan jenis visa yang diinginkan. Nantinya Anda akan diberikan materai untuk ditempelkan kembali di formulir.

Setelah itu, Anda akan menerima tanda terima yang nantinya harus dibawa dalam pengambilan paspor kembali. Lalu, tunggulah proses pengajuan visamu selama kurang lebih 6 hari. Jika ada hal yang harus ditambahkan atau berkas yang kurang lengkap, maka bisa lebih dari 6 hari. Untuk mengecek status visa sendiri bisa dicek sendiri melalui situs Korea Visa Portal.


Demikianlah cara mengurus visa Korea Selatan secara mandiri. Bagaimana menurut Anda? Sulit atau mudahkah mengurusnya? Jika memang sulit menemukan waktu untuk mengurusnya, tenang saja, IdflytoKorea menawarkan jasa pembuatan visa + panduan lengkap dalam mengurusnya. Silakan mampir ke tautan Konsultasi Visa Korea untuk memulai konsultasi ya.

450 tampilan1 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

1件のコメント


Nguyễn Huy Phương
Nguyễn Huy Phương
2020年9月13日

Do you open now?

いいね!
bottom of page